Manfaat Paprika untuk Kesehatan

“Paprika termasuk dalam sayuran. Sama seperti sayuran lainnya, paprika juga baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan, yaitu meningkatkan kesehatan mata, mencegah anemia, hingga mempertahankan berat badan sehat. Baik paprika hijau, kuning, oranye, hingga merah, memiliki manfaat yang sama.”

Halodoc, Jakarta – Paprika adalah sayuran yang cukup populer, bisa dimakan mentah atau dimasak. Sayuran ini berasal dari Amerika Utara dan Selatan yang panen di selama musim panas dan gugur. Ada berbagai warna paprika, tergantung pada seberapa matangnya. Kamu bisa memilih paprika hijau, kuning, oranye, ungu, atau merah, yang paling matang.

Apapun warna paprika, mereka memiliki manfaat dan nutrisi yang sama. Namun, paprika merah mungkin memiliki tingkat antioksidan dan fitonutrien yang lebih tinggi. Karena paprika merah lebih matang dibandingkan paprika kuning atau hijau. Seperti sayuran lainnya, paprika secara alami mengandung rendah gula.

Baca juga: 8 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet Ketat
Manfaat Paprika untuk Kesehatan

Seperti kebanyakan makanan nabati, paprika juga dianggap sebagai makanan sehat. Mengonsumsi banyak buah dan sayuran baik untuk menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Selain itu, paprika juga bermanfaat untuk kesehatan lainnya. Berikut manfaat paprika yang perlu dikenali:

Meningkatkan Kesehatan Mata

Jenis gangguan penglihatan yang paling umum yaitu degenerasi makula dan katarak. Penyebab utamanya adalah penuaan dan infeksi. Namun, nutrisi juga berperan penting dalam pengembangan penyakit ini. Lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam paprika, dapat meningkatkan kesehatan mata jika dikonsumsi dalam jumlah cukup.

Faktanya, kandungan dalam paprika dapat melindungi retina, dinding bagian dalam mata yang peka terhadap cahaya, dari kerusakan oksidatif. Penelitian menunjukkan, bahwa konsumsi makanan kaya karotenoid secara teratur dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi umum yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen. Salah satu penyebab umum anemia adalah kekurangan zat besi. Gejala utamanya adalah kelemahan dan kelelahan.

Selain sebagai sumber zat besi, paprika juga sangat kaya akan vitamin C. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari usus. Penyerapan zat besi dalam makanan meningkat secara signifikan ketika mengonsumsi buah atau sayuran yang kaya vitamin C.

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

Baik untuk Kesehatan Usus

Paprika adalah sumber serat yang baik dan penting untuk kesehatan usus. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti paprika dapat membantu memenuhi asupan serat yang direkomendasikan. Takarannya sekitar 30-35 gram perhari untuk pria dan 25-32 gram per hari untuk wanita.

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dapat melindungi sistem pencernaan dari kanker usus besar dan penyakit radang usus. Selain itu sistem pencernaan dapat berfungsi optimal, sehingga mencegah sembelit dan meningkatkan keseimbangan bakteri usus sehat.

Mempertahankan Berat Badan Sehat

Makan lebih banyak buah dan sayuran seperti paprika, dapat membantu mempertahankan berat badan sehat, atau bahkan menurunkan berat badan. Paprika hijau rendah kalori, tinggi serat, dan memiliki nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi optimal. Inilah yang membuat paprika baik dikonsumsi.
Apakah Paprika Baik Dikonsumsi Semua Orang?

Paprika memang sehat dan dapat ditoleransi dengan baik. Namun, beberapa orang mungkin alergi mengonsumsi paprika, meskipun kasusnya sangat langka. Beberapa orang yang memiliki alergi serbuk sari mungkin juga sensitif terhadap paprika, karena reaktivitas silang alergi.

Reaksi silang alergi dapat terjadi antara makanan tertentu, karena mereka mungkin mengandung alergen yang sama, atau alergi yang serupa dalam struktur kimia.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Nah, kesimpulannya paprika kaya akan banyak vitamin dan antioksidan, terutama vitamin C dan berbagai karotenoid. Untuk alasan ini, paprika memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Secara keseluruhan, paprika adalah tambahan makanan yang baik untuk diet sehat.

Jika kamu mengalami alergi makanan dan reaksinya cukup parah, segera buat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu, dokter bisa langsung memeriksa dan memberikan penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Sumber : halodoc